Container Icon

ARTIKEL, PRINSIP KERJA, PERBAIKAN, DAN TROUBLESHOOTING PADA KEYBOARD


ARTIKEL TENTANG KEYBOARD
BAB I
PENDAHULUAN
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, beberapa hal yang perlu digali dalam pembahasan makalah kali ini adalah :
a) Apa definisi keyboard?
b) Apa saja jenis-jenis keyboard?
c) Apa jenis keybord secara fisik?
d) Bagaimana cara penggunaan keyboard?
e) Bagaimana Cara kerja keybord?
f) Keybord sehat anti kuman
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Keyboard
Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, teks editor atau program lainnya. Pada komputer modern, penafsiran dari tombol yang ditekan pada umumnya diperintahkan kepada perangkat lunak. Keyboard juga digunakan untuk game komputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan keyboard dengan fitur gaming khusus, yang dapat mempercepat keystroke sering digunakan kombinasi.
Susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukan agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Mengapa demikian? Ini dia sejarah susunan keyboard.,
Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.
Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).
Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya
B. Jenis-Jenis Keyboard
Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer. Bentuk keyboard yang pernah diciptakan sejauh ini, yaitu:
a) Keyboard QWERTY
Keyboard jenis QWERTY yang dibuat pertarna kali pada tahun 1873 oleh Perusahaan Remington untuk keperluan mesin ketik. Nama QWERTY diambilkan dari deretan huruf pada baris paling atas. Hampir semua komputer mengunakan keyboard jenis Qwerty.
b) Keyboard DVORAK
Keyboard jenis DVORAK yang dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf lain dengan jenis Qwerty yaitu dibuat sedemikian rupa, sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang bekerja lebih banyak adalah jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.
Walaupun keyboard jenis Dvorak sudah lebih baik dari pada jenis Qwerty, akan tetapi karena kalah duluan dalam hal pemasarannya dengan jenis Qwerty. Kemungkinan untuk laku menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan sehingga keyboard jenis lama (Qwerty) masih tetap digunakan.
c) . Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard jenis KLOCKENBERG dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain dari pada itu, keyboard Klockenberg tombol-tombolnya dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman untuk bekerja. Keyboard Klockenberg tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya dan relatif lebih banyak memakan ruang.
C. Jenis Keybord secara Fisik
1. Keyboard Serial Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT
http://3.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SL-VlDqlMpI/AAAAAAAAARM/ZPvvVPBiSG8/s320/Serial.JPG
2. KeyboardPS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
http://3.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SL-WGdwcTxI/AAAAAAAAARU/5NpqolziodU/s320/PS2.JPG
3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
http://1.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SL-WjsY1u4I/AAAAAAAAARc/LhuJ6TumSs8/s320/wireless.JPG
4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat
http://2.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SL-XHwvx52I/AAAAAAAAARk/LGA2Q6psyrI/s320/USB.JPG
D. Penggunaan Keyboard
Penggunaan keyboard dilakukan untuk memasukan data. Caranya cukup dengan mengetikan data atau memberikan perintah pada komputer dengan cara menekan tombol keyboard.
E. Keyboard Sehat Anti Kuman
Sebuah penelitian pernah mengatakan, keyboard komputer menyimpan 400 kali lebih banyak kuman dibanding dudukan toilet. Supaya dapat terhindar dari kuman-kuman kotor dan menggunakan komputer menjadi lebih nyaman, keyboard komputer perlu dibersihkan.
Mengotak-ngatik komputer setiap hari pastinya kita selalu menyentuh tombol keyboard. Namun sayangnya banyak orang yang sering lupa untuk membersihkan bagian komputer yang satu ini. Lama-kelamaan tangan kita yang bersih bisa terjangkit berbagai kuman. Sekarang bukan saatnya untuk tidak perduli dengan kebersihan. Mulai dari hal-hal kecil yang bersentuhan dengan kita, termasuk diantaranya keyboard komputer.
Cara membersihkan keyboard komputer :
a) Sebelum mulai bersih-bersih semua perlengkapan yang diperlukan harus sudah siap. Untuk membersihkan keyboard yang perlu disiapkan antara lain, tabung semprot udara, lap yang lembut, cairan pembersih khusus elektronik (dapat diperoleh di supermarket), cotton buds (korek kuping) dan penutup hidung (jika alergi terhadap debu).
b) . Karena setiap keyboard berbeda-beda, sebelum membersihkannya baca dahulu petunjuk untuk melepaskan keyboard dari komputer.
c) Sebelum melepaskan keyboard dari komputer, pastikan komputer dalam keadaan mati. Cabut pelan-pelan kabelnya dari bagian belakang komputer. Bagi yang jarang mengotak-ngatik komputer tempelkan sticker kecil di lubang keyboard supaya tidak lupa ketika mau memasangnya kembali.
d) Semprotkan udara dari tabung untuk membersihkan debu di sekitar keyboard. Semprot dari berbagai sudut agar debunya hilang.
e) Setelah debu-debunya mulai berkurang, lap keyboard dengan perlahan. Untuk menjangkau bagian sulit gunakan cotton buds. Tetapi jangan terlalu keras menekan cotton budsnya.
f) Untuk sentuhan terakhir, gunakan semprotan pembersih elektronik untuk membuat keyboard semakin mengkilat dan membunuh kuman. Semprot saja sedikit demi sedikit, jangan sampai terlalu basah. Setelah dilap, diamkan sebentar.
g) Jangan hanya membersihkan bagian tombolnya saja. Usahakan seluruh bagian belakang dan kabel keyboard juga dilap sampai bersih dari debu yang menempel.
h) Setelah keyboard kering, pasang kembali kabel keyboard ke bagian belakang komputer. Sekarang keyboard sudah bersih dan bebas dari kuman.
BAB III
PENUTUP
Pengertian Keyboard adalah suatu peralatan masukan (input) yang menyerupai mesin ketik atau merupakan alat untuk memasukan data/memory dan memberi perintah pada komputer.Keyboard memiliki jenis yang berbeda-beda.
a) Kesimpulan
Melalui pembahasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :
a) Keyboard merupakan salah satu peralatan masukan (input).
b) . Cara penggunaan Keyboard dengan mengetikan atau memberi perintah dengan cara menekan tombol keyboard.
c) Pada keyboard terdapat banyak kuman.
b) . Saran
Melalui pembahasan diatas maka di sarankan untuk :
a) Untuk memasukan data atau memberi perintah pada komputer, jangan lupa untuk memeriksa keberadaan keyboard. Karena tanpa keyboard komputer tidak akan dapat digunakan.
b) Untuk mengetikan data atau memberi perintah jangan terlalu menekan keyboard.
c) Supaya kesehatan selalu terjaga dan keyboard selalu nyaman untuk digunakan, maka bersihkanlah secara teratur. 
PRINSIP KERJA KEYBOARD
Sebuah keyboard seperti miniatur komputer. keyboard mempunyai prosesor sendiri dan rangkaian sirkuit yang membawa informasi menuju dan dari prosesor tersebut. Bagian terbesar dari rangkaian keyboard berupa “key matrix” .
“Key matrix” adalahsebuah kisi rangkaian dibawah tombol-tombol keyboard. Di dalam keyboard, tiap rangkaiannya terputus (seperti saklar) pada titik dibawah tiap tombol. Ketika kita menekan sebuah tombol, tombol tersebut menekan sebuah saklar, menjadikan rangkaian tersambung dan mengalirkan arus listrik melaluinya. Jika kita lama pada tombol, prosesor mengenalinya sama dengan menekan tombol tersebut berulang-ulang..
Ketika prosesor menemukan rangkaian tertutup (tersambung karena adanya penekanan tombol), maka prosesor akan membandingkan lokasi yang rangkaian tertutup tersebut dengan peta karakter yang tersimpan dalam ROM (read only memory) keyboard. Peta karakter pada dasar nya adalah tabel daftar karakter yaitu daftar posisi tiap-tiap tombol atau kombinasi tombol beserta karakter yang direpresentasikannya. Sebagai contoh, peta karakter memberitahu prosesor bahwa menekan tombol “a” sendirian menghasilkan huruf kecil “a”, tetapi tombol Shift bersama tombol “a” bersama-sama akan menghasilkan huruf kapital “A”.
PERBAIKAN PADA KEYBOARD
Salah satu bagian yang paling penting dari sistem komputer adalah keyboard. Ini adalah perangkat input yang digunakan untuk mengetik karakter dan sehingga Anda tidak dapat bekerja tanpa melampirkan keyboard dengan sistem komputer. Tak diragukan lagi Anda dapat boot up komputer Anda tanpa menghubungkan perangkat input tetapi Anda tidak bisa bekerja lebih lanjut tentang komputer tanpa menghubungkan perangkat. Dengan menggunakan keyboard komputer lama Anda juga bisa mendapatkan rusak. Sebagian besar waktu dukungan teknis ahli menyarankan bahwa lebih baik untuk menggantikan keyboard yang rusak lama dengan yang baru. Namun, kadang-kadang masalah dapat diselesaikan dengan bantuan komputer perbaikan profesi terampil.
          Terkadang sistem komputer Anda gagal untuk mendiagnosis masalah keyboard. Beberapa kesalahan datang dengan pesan pada layar komputer mengatakan "Keyboard error atau tidak hadir '. Masalahnya semakin memburuk saat Anda menekan tombol pada keyboard namun perangkat tetap mati terkunci. Kadang-kadang pesan seperti ini 'kesalahan Keyboard: tekan F1 untuk melanjutkan' muncul ke layar komputer ketika anda boot up sistem. Kadang-kadang Anda dapat mendengar suara tidak wajar dari keyboard juga. Kedengarannya seperti ini juga menunjukkan beberapa kesalahan pada keyboard komputer. Sebagian besar waktu, masalah muncul dari akumulasi puing debu pada keyboard. Untuk ini, perbaikan teknisi komputer selalu menyarankan bahwa Anda harus selalu menjaga keyboard Anda rapi dan bersih.
         Perbaikan komputer profesional juga menyarankan beberapa tips untuk memperbaiki beberapa masalah keyboard umum. Jika Anda melihat keyboard Anda tidak merespons, Anda perlu memeriksa apakah terpasang dan mendapatkan catu daya dengan benar. dukungan profesional Tech menyarankan lebih baik untuk steker keluar soket dan pasang lagi. Jika Anda menggunakan keyboard USB pastikan jika Anda telah memeriksa port USB dengan benar. Kadang-kadang jenis koneksi yang salah memberi kesan palsu bahwa keyboard telah rusak.
        Dukungan teknisi Komputer sarankan Anda untuk me-restart komputer Anda untuk melihat apakah keyboard bekerja. Jika anda melihat keyboard masih belum bekerja, Anda bisa pasang dan dapat menghubungkan keyboard ke komputer lain untuk melihat apakah diganti keyboard bekerja. Jika keyboard digantikan bekerja Anda akan tahu masalahnya hanya dengan keyboard Anda. Tapi kalau diganti keyboard juga tidak bekerja, itu adalah kasus yang jelas dari masalah komputer.
        Untuk memeriksa kesalahan dalam keyboard, Anda dapat mengikuti beberapa tips perbaikan komputer. Untuk ini, Anda akan perlu pergi ke Control Panel sistem komputer Anda. Dari sini Anda akan perlu pergi ke manajer perangkat. Di sini dapat melihat semua perangkat yang terhubung ke komputer Anda. Anda perlu mencari perangkat keyboard sini. Jika Anda melihat ada tanda merah atau tanda seru pada perangkat keyboard Anda maka itu yakin bahwa keyboard Anda memiliki beberapa jenis kesalahan fungsional. Beberapa ahli mengatakan bahwa dengan menghapus ikon dan restart komputer masalah ini dapat dikonfigurasi.
        Profesional Ahli juga menyarankan Anda untuk menjaga komputer Anda bersih. Anda dapat tetap tertutup untuk melindunginya dari debu atau Anda juga bisa tetap bersih dengan membersihkan setiap hari dengan wiper kapas atau penyedot debu.
a.pengecekan keyboard standard
            tombol pada keyboard dapat rusak karena aus yang diakibatkan oleh pemakaian. Hal ini mengakibatkan sebuah karakter tidak muncul saat tombol ditekan karena tidak terjadi kontak atau tombol terus menrus terhubung meskipun tombol sudah ditekan. Tombol yang terhubung terus menerus akan menghasilkan pesan kesalahan dari computer.
Keyboard yang tidak terhubung dengan baik atau kabel rusak dapat menghasilkan pesan error pada saat start-up. Ironisnya, kejadian ini menghasilkan pesa kesalahan konfigurasi yang menyatakan”press F1 to continue”. Jika keyboard menghasikan karakter yang janggal pada saat di tekan maka periksa setting layout keyboard yang digunakan oleh system operasi.
            b.pemeriksaan hardware keyboard
Jika dicurigai terjadi kerusakan pada hardware keyboard maka yakinlah bahwa keyboard tersebut memang rusak dengan mengunakan keyboard yang diketahui bekerja dengan baik dihubungkan dengan computer. Jika masalah selesai dengan mengganti keyboard maka dapat dikatakan keyboard yang menjadi tersangka memang mengalami kerusakan hardware. Jika ternyta setelah menggunakan keyboard yang baik masih terdapat masalh maka periksa kembali port pada motherboard dan lakukan kembali pemeriksaan.
c.Cara mengganti keyboard laptop
Jika Anda ingin mengganti satu set tombol pada keyboard laptop atau mengganti seluruh keyboard itu sendiri, anda perlu untuk menghilangkan yang ada keyboard dari motherboard tanpa disassembling seluruh notebook. Laptop keyboard dapat dengan mudah dihapus setelah mengeluarkan keyboard bezel, Anda akan memerlukan beberapa peralatan dasar untuk mengambil selain itu, dan dapat melakukan disassembly di bawah satu jam.
  1. Mempersiapkan Anda untuk laptop disassembly. Melepas baterai dari komputer di bawah notebook, dan menghapus power. Laptop tidak boleh terhubung ke perangkat keras atau perangkat eksternal.
  2. Hapus keyboard bezel. Keyboard bezel yang tipis bingkai atau plastik strip memegang laptop keyboard di tempat. Anda dapat angkat bezel menggunakan obeng kecil flathead, atau melepaskan dari dasar notebook jika dijamin dengan screws. Cara bezel dijamin tergantung pada model dan membuat laptop anda.
  3. Melepaskan keyboard dari sistem papan. Anda akan melihat satu atau dua besar screws langsung di atas keyboard setelah mengeluarkan bezel. Membuka ini sesuai dengan menggunakan obeng untuk melepaskan keyboard dari sistem papan.
  4. Detach keyboard USB. Angkat perlahan keyboard ke atas dan kembali dengan satu tangan, dan cari kabel yang luas di bawahnya. Ini biasanya terpasang tepat di bawah ruang bar dan dilampirkan dengan plug dan socket. Hati-hati tarik kabel konektor dalam arah vertikal ke keluarkan dari socket.
Petunjuk:
Keyboard terhubung ke motherboard dengan sangat rentan potong kabel (lihat Langkah 4 di atas); sangat lembut ketika menangani bagian ini untuk menghindari kerusakan hardware.
Menangani semua komponen internal dari laptop dengan hati-hati; motherboard papan sirkuit dan dapat menjadi sangat rentan dan dapat dengan mudah rusak bila menggunakan peralatan dan benda tajam.
d.Cara membersihkan keyboard
1.Untuk membersihkan keyboard laptop, mulailah dengan menyeka dengan kain lembab. Jangan menggunakan layar atau pembersih rumah tangga pada keyboard. Mereka mengandung larutan pembersih yang mungkin berakhir mengeluarkan cat seperti karakter pada kunci Anda!
            2. Ketika Anda menghapus keyboard, tidak apa-apa untuk menekan sedikit, atau menggosok dengan lembut area kecil untuk menghilangkan residu lengket donat Anda mungkin sudah mendapatkan itu. Jangan membuat swipes besar, bagaimanapun, atau Anda berisiko memiliki beberapa kunci lepas.
            3. Menghapus setiap remah-remah atau puing menggunakan sikat gigi atau udara tekan, dan kemudian mengelap keyboard dengan kain basah lagi.
            4. Jika ada tumpah besar pada keyboard, langkah-langkah di atas tidak akan cukup untuk mendapatkan laptop bekerja sebagaimana mestinya lagi. Konsultasikan manual apakah kunci dapat dihapus untuk membersihkan dan ikuti petunjuk. Bantuan profesional menjadi mungkin diperlukan untuk mendapatkan masalah seperti itu diselesaikan

TROUBLESHOOTING PADA KEYBOARD
Keyboard merupakan perangkat keras yang sangat penting, walaupun harga keyboard lebih murah dari perangkat yang lain, tetapi bayangkan bila sebuah komputer tanpa "keyboard", maka komputer tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Jika troubleshooting pada keyboard muncul, maka anda tidak dapat bekerja sama sekali, berikut adalah gejala awal atau troubleshooting keyboard yang biasa muncul.
“Solusi troubleshooting pada keyboard”
Gejala tampilan keyboard yang error biasanya ditandai dengan komputer yang hanya muncul tampilan, tetapi tidak dapat melanjutkan keproses selanjutnya, biasanya dilayar monitor akan muncul pesan "Keyboard error, Checksum cmos failure..., press F1 to continue and Del to enter set up". Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keyboard menjadi error dapat dilihat sebagai berikut :
• Jika anda mencolokan konektor keyboard ketika komputer sedang hidup kemungkinan sistem komputer tidak mengenali perangkat keyboard tersebut, solusinya matikan komputer dan colokan kembali keyboard dengan benar ketika komputer sedang tidak aktif. permasalahan ini biasa muncul pada keybord type PS/2.
• Bila cara diatas belum terselesaikan, lanjutkan dengan memeriksa status driver keyboard. Dengan cara buka menu "Start menu | control panel | pilih keyboard | klik tab hardware | pilih properties". Pada tab General, lihat apakah ada masalah terdeteksi. Jika tidak, buka tab driver dan klik tombol "Update Driver".
• Kalau memang keyboard anda sehat, seharusnya kedua langkah tersebut dapat menyelesaikan masalah pada keyboard, jika belum lepaskan keyboard dari port komputer dan colokan keyboard tersebut ke komputer lain, kalau keyboard tersebut menampilkan troubleshooting yang sama dikomputer lain ada kemungkinan keyboard tersebut rusak, bila keyboard anda normal ketika dicolokan ke komputer lain, berarti permasalahn terletak pada port input output motherboard. Solusinya adalah sebagai berikut.
• Konektor keyboard yang renggang dapat menyebabkan munculnya tampilan pesan error seperti yang disebutkan diatas. cara sementara untuk mengatasinya ganjal konektor yang renggang tersebut dengan kertas, solusi ini cukup untuk keadaan darurat, cara lain yaitu beri tambahan port keyboard PS2 to usb, karena konektor yang renggang bisa terjadi pada port input output pada motherboard bukan pada keyboard, sekarang hubungkan keyboard ke port usb.
• Perhatikan soket atau port keyboard yang error tersebut, biasanya pangkal konektor ke mainboard putus atau patah. Solusinya, belilah konektor keyboard PS2 to usb, sehingga lebih praktis dan hemat daripada harus servis mainboard anda.
• Bila masalah keyboard hanya terdapat dibeberapa tombol, coba update driver tersebut seperti langkah yang telah disebutkan diatas atau debu dan kotoran bisa juga menyebabkan keyboard menjadi error. Solusinya, bersihkan konektor pada keyboard dan konektor pada mainboard menggunakan sikat gigi yang kering.
• Mungkin anda mengatasi masalah yang lain, misalnya menekan tombol pada keyboard tidak cocok dengan karakter yang ditampilkan pada komputer. Jika demikian, sistem komputer mungkin menggunakan pengaturan bahasa yang salah. Untuk memperbaiki masalah ini, buka "Start menu | control panel | pilih regional and language options". pada tab kotak dialog options pastikan bahasa yang benar dan negara atau wilayah yang dipilih. Klik apply setelah melakukan perubahan.
• Untuk error tombol windows atau tombol shift tidak bekerja, periksa apakah fitur "sticky keys" diaktifkan!, jika ya, cukup tekan tombol Shift lima kali berturut-turut, maka fitur "sticky keys" akan dinonaktifkan sehingga keyboard dapat bekerja dengan normal.
Sebenarnya masih banyak troubleshooting pada keyboard, namun hal diataslah yang sering dijumpai. Bersabarlah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, sebab dalam dunia komputer "yang terlihat error, belum tentu error tersebut terjadi pada satu hal", maksud Optimasi Komputer disini adalah "banyak kemungkinan yang menyebabkan error" termasuk "HUMAN ERROR" itu sendiri. Semoga bermanfaat.
a.Tampilan Keyboard Error
Penyebab 1
Connector keyboard renggang dapat meyebabkan bahwa pesan yang tampil dilayar keyboard error .jika keyboard atau connector digoyang, maka kondisi pc dapat kembali normal, tetapi ini tidak akan bertahan lama.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan mengganjal connector keyboard dengan kertas jika ini dianggap sangat mendesak dan anda tidak punya dana untuk membeli keyboard baru. Atau dapat mengganti connector keyboard yang baru.
Penyebab 2
Kemungkinan juga terdapat pada kabel data keyboard tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal connector jantannya, jika sudah begini keyboard tidak akan jalan sama sekali.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan mengukur kabel data keyboard tersebut dengan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel data tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel lain. Tetapi jika tidak, berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).
Penyebab 3
Ic controller keyboard yang terdapat dalam keyboard berfungsi untuk mencovert bahasa / code digit menjadi ASCI yang akan di informasikan ke pada motherboard, sesuai dengan tombol yang ditekan. Jika IC ini rusak, maka keyboard tidak akan jalan sama sekali.
Solusi
Jika menggunakan keyboard yang terbaru, untuk mengganti IC tersebut tidak mungkin, karena harganya lebih mahal disbanding keyboard baru. Jadi solusinya adalah mengganti keyboard dengan keyboard baru.
Penyebab 4
Putusnya sekring pada motherboard yang terletak dengan connector keyboar yang bertuliskan F1 atau FS1 atau L1.
Solusi
Anda harus mengganti sekring dengan sekring yang lain dan ukuran harus sama.
b.Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi
Penyebab 1
Kemungkinan kerusakan keyboard tersebut disebabkan oleh debu yang menempel pada jalur penekanan karakter. Hal inilah yang dapat menyebabkan tombol keyboard tersebut tidak berfungsi
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan membuka semua baut pengunci yang terdapat di bawah papan bidai, dan pastikan tidak ada yang tertinggal maupun hilang didalam papan bidai ini (keyboard), jalur penekanan karakter tersebut terbuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB, maka bersihkan PCB tersebut dengan alcohol agar tidak bersentuhan antara PCB atas dan bawah. Dan pasang seperti semula.
Penyebab 2
Kemungkinan lain adalah jalur penghubung antara tombol satu ke tombol yang lain ada yang terputus atau socketnya ada yang longgar. Jika hal ini kemungkinan besar anda berfikir keyboard tidak dapat dipakai lagi.
Solusi
Solusinya adalah mengukur terlebih dahulu jalur PCB pada tombol yang tidak jalan dengan menggunakan avo meter dan temukan dimana yang putus. Untuk menghubungkan jalur tersebut, gunakan tinta emas atau lainnya yang bersifat logam. Oleskan pada jalur yang putus hingga dapat terhubung kembali.
c.Ketikan rangkap
Mungkin anda pernah merasa bahwa keyboard yang digunakan terlalu peka merespon penekanan tombol sehingga saat tombol yang ditekan menghasilkan cetakan berulang(rangkap).misal,pada saat anda mengetik  tombol “E” dengan sekali sentuh ternyata yang terketik adalah “EE” atau bahkan “EEE”.kejadian seperti ini,kita harus sering menggunakan tombol backspace untuk menghapus kelebihan huruf yang tidak semestinya sehingga mengganggu pengetikan.
kejadian ini timbul karena keyboard sudah kotoratau lemah disetiap tombol-tombolnya.maka saat tombol ditekan ,tombol tidak segera kembali ke posisi semula.akibatnya penekanan tombol ini akan terbaca sebagai penekan tombol beberapa kali.apabila permasalahannya  karna kotor,bisa mencoba untuk membersihkan bagian dalam keyboard tersebut dengan kuas ,pembersih debu.Namun jika masalahnya adalah lemahnya tombol, bisa mengganti tombol yang lemah tersebut.
Kemungkinan lain yaitu apakah jalur PCB kotor?,cara mengatasinya yaitu dengan membuka keyboard dan membersihkan semua elemen yang ada didalamnya.
Inilah tadi blogger saya yang berisi artikel, pebaikan, cara kerja, dan troubleshooting tentang keyboard yang di buat untuk memenuhi ulangan dan tugas produktif

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ok min
solder uap tangan

Posting Komentar